1.
Silabus
Sekolah :
SMPN I Puhpelem
Kelas :
VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta,
memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji,
dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
A : Let me help you.
B : Thank you so
much.
A: Can I have a bit?
B: Sure. Here you
are.
A: Did you break the
glass?
B: Yes I did /
No, it wasn’t me.
A: What do you think
of this?
B: Not bad.
Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
A: Would you come to
my party?
B: I’d love to
/ I want to, but ........
A; I do agree
B; Thanks for the
support.
A; No way ....
B: It’s O.K. No problem
A: You have
beautiful hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.
|
Brainstorming bertanya dan
menjawab tentang berbagai hal terkait tema topik yang akan dibicarakan.
Membahas kosakata ( noun phrase, verb phrase, adverb phrase)
tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa, meminta sesuatu,
informasi faktual, pendapat terkait materi percakapan .
Mendengarkan percakapan yang
memuat ungkapan-ungkapan dalam materi.
Menjawab pertanyaan tentang isi
percakapan.
Memberi respon lisan dan tulis
terhadap ungkapan yang didengar.
Memberi respons lisan Curah pendapat tentang hal-hal terkait
topik/ungkapan yang akan dibahas
Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topik / ungkapan yang dibahas
Mendengarkan percakapan memuat ungkapan terkait marteri
Tanya jawab tentang isi percakapan
Tanya jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam percakapan
|
m
Merespon
ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
Merespon
ungkapan meminta, memberi, menolak barang
Mengakui,
mengingkari fakta
Merespon
ungkapan meminta dan memberi pendapat
Merespon
ungkapan mengundang,menerima, dan menolak ajakan
Merespon
ungkapan menyetujui / tidak menyetujui
Merespon
ungkapan memuji
Merespon
ungkapan memberi selamat
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Merespon secara lisan
Pertanyaan lisan
Pilihan ganda
Pertanyaan lisan
Isian
|
Respond the
following statement
Q: Let me help you
A:.......
Q: Can I have a bit?
A: ...........
Choose the right
response
Q: Did you break the
glass?
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right
Q: What do you think
of my new dress
A:............
Write your response
to the following statements:
Would you go with me
to the movie?
I do agree with you to join the speech contest
You have beautiful
hair.
You passed your
exams. Congratulations.
|
6 x 40 menit
6 x 40 menit
|
Script percakap -
an
Rekaman
Percakapan:
Cassette
Tape
Recorder
CD
CD Player
TV
Gambar-
gambar/
benda terkait
4.English
in Focus, hal 2
5.Let’s
talk hal.
Script percakapan
Rekaman percakapan
Tape recorder
Gambar yang relevan
5. Buku teks yang relevan
6.English
in focus hal. 3,28,48
7.Let’s
talk hal.
|
- Gigih
-
Tanggung jawab
-
Kreatif
-
disiplin
-Gigih
-
Tanggung jawab
-
Kreatif
|
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
2. Memahami makna
dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Teks fungsioanl pendek berupa : Undangan
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come
to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
Ciri kebahasaan teks fungsional pendek
Langkah retorika teks:
descriptive (identification – descriptions)
recount ( orientation events)
reorientation
Teks lisan berbentuk
descriptive
recount
Langkah retorika teks :
descriptive (identification – descriptions)
recount ( orientation events – reorientation)
|
Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik/tema yang akan dibahas
Membahas kosakata yang terkait tema/topik/undangan (noun phrase, verb
phrase)
membahas ungkapan-ungkapan yang sering muncul dalam undangan:
I want you to come
to.......
Please come to .....
Don’t forget to come
to......
Mendengarkan teks fungsional pendek (undangan)
menjawab
pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam teks fungsional,
undangan.
Mendengarkan
contoh-contoh undangan lainnya dari teman.
Mengidentifikasi
ciri kebahasaan teks fungsional pendek : undangan
invitee
occasion
time
place
Invitor
Eliciting kosakata terkait tema/topik/ jenis teks
Membahas tata bahasa terkait jenis teks yang akan dibahas
Mendengarkan teks monolog descriptive / recount dengan topik tertentu
Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi terkait teks yang didengar
Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks yang didengar
|
Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa
Undangan
(ajakan).
Mengidentifikasi
ciri kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa Undangan(ajakan).
Mengidentifikasi
Informasi/makna yang terdapat dalam teks berbentuk descriptive .
Mengidentifikasi
Informasi/makna yang terdapat dalam teks berbentuk recount
Mengidentifikasi
fungsional dan langkah retorika teks deskriptif.
Mengidentifikasi
fungsional dan langkah retorika teks recount.
|
Tes tertulis
Tes lisan
Tes tulis
|
Melengkapi rumpang
Pertanyaan lisan
PG
|
Complete the
following sentences based on the text you hear
Answer the questions
orally based on the text you listen to
Choose the best
option based on the text you have listened to
|
6x 40 menit
6 x 40 menit
|
Script teks undangan
Rekaman undangan
cassette
tape recorder
CD
CD Player
TV
3. Gambar/ realia terkait tema/topik/ jenis teks
4.English
in focus hal.48.
5.
Let’s talk hal.
Gambar terkait tema / topik
Script teks: descriptive
/ recount
Rekaman teks
Tape recorder
OHP
Lingkungan sekitar
English
in focus hal.4,31.
Let’s
talk hal.
|
-Gigih
-
Tanggung jawab
-
Kreatif
-Gigih
-
Tanggung jawab
-
Kreatif
|
Standar Kompetensi : Berbicara
3.Mengungkap
kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
3.1Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2Memahami dan
merespon percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji,
dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan.
A; Let me help you.
B: Thank you so
much.
A: Can I have a bit.
B: Sure. Here you are.
A: Did you break the
glass?
B: Yes, I did /
No, it wasn’t me.
A: What do you think
of this?
B: Not bad.
A: Would you come to
party?
B: I’d love to / I
wan’t to,
but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
understand.
A: You have
beautiful
hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.
|
Review kosakata dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan tema
Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut
Bermain peran melakukan percakapan yang disediakan guru
Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi /gambar yang
disediakan
Menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dalam real life situation
Review kosakata terkait tema, topik sebelumnya
Memperkenalkan kosakata baru / ungkapan-ungkapan yang akan dibahas
Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi
Menirukan percakapan yang diucapkan guru
Melakukan percakapan yang diberikan
Melakukan tanya jawab menggunakan ungkapan
|
Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak jasa
Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak barang
Bertanya dan menjawab tentang mengakui, mengingkari fakta
Bertanya dan memberi pendapat.
Bertanya dan menjawab tentang mengundang, menerima, menolak ajakan
Bertanya dan menjawab tentang menyetujui.tidak menyetujui
Bertanya dan menjawab tentang memuji
Bertanya dan menjawab tentang memberi selamat
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Bermain peran
Bermain peran
|
Create a dialogue
based on the role cards and perform it in front of the class.
Create a dialogue
based on the role cards and perform it in front of the class.
|
6 x 40 menit
6 x40 menit
|
Buku teks yang relevan
Gambar-gambar terkait tema
Realia
Benda sekitar
4.
English in focus hal.11,35
5.
Let’s talk hal.
1.Buku teks yang
relevan
2. Gambar-gambar
terkait tema
3.Realia
Benda sekitar
4.
English in focus hal.11,35,54.
5.
Let’s talk hal.
|
Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun
Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun
|
Standar Kompetensi :
Berbicara
4.Mengungkap
kan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan
Karakter
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
4.1 .Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa nista secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
Teks fungsional pendek berupa :Undangan
Teks pendek berbentuk recount
–
informasi faktual
informasi rinci
gagasan utama
gagasan pendukung dalam teks pendek berbentuk recount
Ciri kebahasaan teks
recount
Teks pendek berbentuk deskriptive
–
informasi faktual
informasi rinci
gagasan utama
gagasan pendukung dalam teks pendek berbentuk deskriptivet
Ciri kebahasaan teks
deskriptive
|
Mendengarkan teks fungsional pendek: undangan
Tanya jawab tentang isi teks “undangan”
Tanya jawab tentang struktur teks
Membuat kalimat sederhana terkait jenis teks bentuk undangan
- I want to come
to....
- Please come to
........
Berlatih mengundang seseorang
secara lisan menggunakan gambit-gambit tertentu
Contoh:
A: Hi Guys, I want you all to
come to my birthday party.
B: We’d love to! When?
A: Tomorrow, at 4.00
Secara berpasangan atau dalam kelompok mengungkapkan undangan berdasarkan
konteks/situasi yang diberikan
Secara mandiri mengungkapkan undangan lisan
Tanya
jawab berbagai hal terkait topik tertentu ( peristiwa, kejadian, pengalaman )
Mengembangkan
kosakata, tata bahasa terkait topik / jenis teks recount/deskriptive
Mengidentifikasi
kejadin, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami melalui tanya jawab
Melakukan
monolog dalam bentuk recount/deskriptive
|
Mengungkapan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan.
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentangteks
fungsional pendek berbentuk undangan
Bertanya dan menjawab berbagai infmasi secara lisan dalam teks pendek
berbentuk :
- Recount
Bertanya dan menjawab berbagai infmasi secara lisan dalam teks pendek
berbentuk :
- deskriptive
Melakukan monolog pendek dalam bentuk deskriptive
Melakukan monolog pendek dalam bentuk recount
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Performance
Performance
|
Invite your
friend to come to your bithday party
orally!
Think of an activity
or event that happened to you yesterday and tell us about it.
|
6 x 40
menit
7 x 40 menit
|
Buku teks yang relevan
Gambar terkait tema/topik
Benda-benda sekitar
4.
Let’s talk hal.
Buku teks yang relevan
Koran/majalah
Gambar peristiwa
4.English
in focus hal.13,37,56,111.
5.
Let’s talk hal.
|
Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun
Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun
|
|
Standar Kompetensi :
Membaca
. 5. Memahami
makna teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk descriptive
dan recount yang berkaitan
dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
5.1.Membaca nyaring bermakna teks
tulis fungsional dan esei berbentuk descriptive
dan recount pendek dan
sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan
dengan lingkungan sekitar
5.2.Merespon makna dalam teks tulis
fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan
dengan lingungan sekitar
5.3.Merespon makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
Teks
fungsional pendek berupa: Undangan
Makna
gagasan
Makna
tekstual dalam teks descriptive dan
recount
Langkah
retorika teks descriptive dan recount
Tujuan
komunikatif teks descriptive dan
recount
Ciri
kebahasaan teks descriptive dan recount
|
Brain
storming tentang berbagai hal terkait teks fungsional pendek berbentuk
“undangan”
Mendengarkan
undangan yang dibacakan oleh guru/teman
membaca
nyaring teks fungsioanl pendek tentang undangan
menjawab
pertanyaan tentang isi teks fungsional pendek “undangan”
Menyebutkan
tujuan komunikatif teks fungsional pendek “undangan”
Menjwab
pertanyaan tentang ciri kebahasaan teks fungsional pendek “undangan”
Tanya
jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
Review
kosakata dan tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount
Membaca
teks descriptive/recount
Menjawab
pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
Menjawab
pertanyaan tentang tujuan komunikatif tdan langkah retorika teks descriptive/recount
Menyebutkan
ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca
Membaca
nyaring dan bermakna teks descriptive/recount
|
Membaca
dengan nyaring dan bermakna teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi
fungsi sosial teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi
ciri kebahasaan teks fungsional pendek berbentuk undangan
Makna
gagasan
Makna
tekstual dalam teks descriptive
Makna
tekstual dalam teks recount
Langkah
retorika teks descriptive
Langkah
retorika teks recount
Tujuan
komunikatif teks descriptive
Tujuan
komunikatif teks recount
Ciri
kebahasaan teks descriptive
Ciri
kebahasaan teks recount
|
Tes
lisan
Tes
tertulis
Tes
tulis
Tes
lisan
|
Membaca
nyaring
Uraian
PG
Membaca
nyaring
|
Read
the the text aloud and clearly.
Answer
the following questions based on the
text
Choose the best option based on
the text.
Read the text aloud.
|
6 x 40 menit
6 x 40 menit
8 x 40
menit
|
Buku
teks yang relevan
Gambar
terkait tema/topik
Benda-benda
sekitar
4. Let’s talk hal
Buku
teks yang relevan
Koran/majalah
Gambar
peristiwa/tempat
Lingkungan
sekitar
5.English in
focus hal.16,39,60,115.
6. Let’s talk
hal.
|
-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar
-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar
-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar
|
Standar Kompetensi :
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Teks
fungsional pendek
berupa :
- Undangan Pengumuman
- Pesan Singkat
Teks
rumpang berbentuk - descriptive - recount
Kalimat
acak
|
Tanya
jawab berbagai hal terkait tema/topik teks fungsional yang akan dibahas
Penguatan
kembali kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks fungsional
Menulis
kalimat sederhana terkait jenis teks
Menulis
teks fungsional pendek berdasarkan konteks
Review
ungkapan-ungkapan yang mendeskripsikan benda, orang atau tempat.
Menulis
kalimat yang mendeskripsikan benda, tempat, orang atau binatang berdasarkan
gambar/realia.
Melengkapi
rumpang dalam teks deskriptif dengan kata yang tepat.
Menyusun
kalimat acak menjadi teks deskriptif yang terpadu.
Membuat
draft teks deskriptive secara mandiri.
Mengekspos
teks descriptive yang ditulis di kelas.
|
Melengkapi
rumpang teks fungsional pendek
Meyusun
kata menjadi teks fungsional yang bermakna
Menulis
teks fungsional pendek
Melengkapi
rumpang teks essai pendek berbentuk descriptive
Melengkapi
rumpang teks essai pendek berbentuk recount
Menyusun
kalimat menjadi teks yang bermakna dalam bentuk descriptive
Menyusun
kalimat menjadi teks yang bermakna dalam bentuk recount
Menulis
teks essai dalam bentuk descriptive
.
Menulis
teks essai dalam bentuk recount.
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Essay
Completion
Jumbled sentences
Essay
|
Write simple sentences based on
the situation given.
Write an invitation/ an
announcement / message based on the situation given.
Complete
the paragraph using the suitable words.
Rearrange
the following sentences correctly.
Write an essay describing something or a certain
place.
|
8 x 40 menit
8 x 40 menit
|
Buku
teks yang relevanContoh undangan, pengumuman, SMS
Gambar
yang relevan.
Let’s talk hal.
Buku teks yang relevan
Gambar terkait tema/topik
Benda-benda sekitar
English
in focus hal.21,44,66,
121.
Let’s
talk hal.
|
Bernalar
Kreatif
Gigih
Bervisi
Bernalar
Kreatif
Gigih
Bervisi
|
Puhpelem, Juli 2011
Mengetahui:
Kepala Sekolah
Guru
Mata Pelajaran,
KARNO, S.Pd, M.Pd RUMONO,S.Pd.
NIP.19660804
198912 1 001 NIP. 19770626 200801 1 022
2.
Silabus
Sekolah :
SMPN I Puhpelem
Kelas :
VIII (Delapan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
7.1.Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari
informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima
/ menolak sesuat
7.2.Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang,
dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
Percakapan
yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some
money?
B: No Problem / I want to, but
...
A: Can I have a bit
B: Sure, here you are
A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry
A: Do you like it?
B: Yes I do
A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t
A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t
say anything
A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks
Percakapan
yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.
Hello, excuse me .....
Did you? / Were you ?
Thanks/ Bye.../ See you.
Could I speak to .... please?
Well, I’m calling to....
Nice talking to you
|
Eliciting
kosakata
terkait topik yang akan dibahas (noun, verb, adjective, adverb)
Menentukan
makna kata dan menggunakannya dalam kalimat
Mendengarkan
guru dan menirukan ungkapan-ungkapan terkait materi
Mendengarkan
percakapan tentang materi terkait
Menjawab
berbagai informasi yang terdapat dalam percakapan
Merespon
ungkapan-ungkapan yang terkait materi
Tanya
jawab berbagai hal terkait tema/topik yang akan dibahas
Mendaftar
kosakata yang digunakan dalam percakapan
Menentukan
makna kosakata dalam daftar
Menggunakan
kosakata dalam kalimat
Tanya
jawab menggunakan ungkapan – ungkapan terkait
Menirukan
ungkapan yang diucapkan guru
Mendengarkan
percakapan
Menjawab
pertanyaan tentang percakapan
|
Merespon
ungkapan meminta,memberi, menolak jasa.
Merespon
ungkapan meminta,memberi, menolak barang.
Merespon
ungkapan meminta, memberi, mengingkari informasi
Merespon
ungkapan meminta,memberi, menolak pendapat
Merespon
ungkapan meminta,menerima, menolak tawaran
Merespon
ungkapan meminta,memberi persetujuan
Merespon
ungkapan pernyataan
Merespon
ungkapan memberi perhatian terhadap pembicara
Mengawali,
memperpanjang an menutup percakapan
Merespon
ungkapan mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan telepon
|
Tes
tertulis
Tes
lisan
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Isian
singkat
Jawaban
singkat
Merespon
ungkapan
Melengkapi
percakapan
|
Listen to the expression and
write your response to it.
Listen to the expression and
give your response to it.
Listen to the expressions and
give your response to them.
Listen to the dialogue and complete
the text
|
8 x 40 menit
6 x 40 menit
|
Script
per uku teks yang relevan
Rekaman
percakapan
Tape recorder
CD
CD
player
gambar
Benda
sekitar
model
benda
English in focus
hal.
78,126
10.Let’s talk
hal.
Buku
teks yang relevan
Script percakapan
Rekaman
percakapan
Tape
recorder
Gambar
yang relevan
English in focus
hal.104,126
Let’s talk hal.
|
-
Gigih
-
Tanggung jawab
-
Kreatif
-
disiplin
-
Gigih
-
Tanggung jawab
-
Kreatif
-
disiplin
|
Standar Kompetensi : Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
8.1.Merespon makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2.Merespon makna yang terdapat
dalam monolog pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan
recount
|
Teks
fungsional pendek :
undangan,
pengumuman,
pesan
singkat
Tujuan
komunikatif teks fungsional pendek :
undangan,
pengumuman,
pesan
singkat
Teks
monolog berbentuk : - narrative
- recount
Tujuan
komunikatif teks berbentuk :
narrative
recount
|
Tanya
jawab tentang berbagai hal menggunakan kosakata dan ungkapan yang telah
dipelajari
Review
berbagai jenis teks fungsional pendek yang sering dijumpai
Mendengarkan
teks fungsional pendek terkait tema/topik tertentu
Menjawab
berbagai pertanyaan terkait informasi dalam taeks fungsional yang didengar
Menentukan
tujuan komunikatif dari teks yang didengar
Tanya
jawab berbagai hal terkait tema/topik/jenis teks
Eliciting cerita yang dikenal siswa
Tanya
jawab tentang salah satu cerita yang dikenal siswa
- tokoh, tempat
kejadian
- problem, solusi,
akhir cerita
4. Mendengarkan cerita terkait tema/topik
dari guru/teman
5. Tanya jawab tentang informasi dalam
cerita yang di dengar
6.
Tanya jawab tentang tujuan komunikatif
dari teks yang di dengar
|
Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional pendek undangan,pengumuman,pesan
singkat
Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks fungsional pendek
Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks monolog narative
Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks monolog recount
Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks naratif
Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks recount
|
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Melengkapi
rumpang
Pilihan
ganda
|
Listen to the dialogue and
complete the following text.
Listen to the text and choose
the right answer
|
6 x 40 menit
6 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Script teks fungsional pendek
3. Rekaman teks
4. Tape recorder
5. Contoh teks fungsional
6. Gambar yang releva
8. Let’s talk
hal.
1.Buku teks yang relevan
2.Script cerita naratif
3.Rekaman cerita
4.Tape recorder
5. English in
focus hal.
79,106,127.
6. Let’s talk
hal.
|
-
Gigih
-
Tanggung jawab
-
Kreatif
-
disiplin
-
Gigih
-
Tanggung jawab
-
Kreatif
-
disiplin
|
Standar Kompetensi : Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan
pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian
terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta
mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
Percakapan
singkat memuat ungkapan – ungkapan :
A: Do you mind lending me some money?
B: No, problems
A: Can I have a bit?
B: Sure, here you are.
A: Here is some money for you.
B: Sorry, I can’t take this.
A: Do you like it ?
B: Yes, I do.
A: Have you done it?
B:No, I haven’t.
A: Do you think it’s good?
B: I think it is / Sorry I can’t
say any thing
A: Would you like some .....?
B: Yes, please / No, Thanks
Teks
percakapan memuat ungkapan berikut:
A: what if I do it again?
B: Fine with me.
A: I Must go now
B: Do you have to?
Right.
I see.
Hm...m yeah
Hello,excuse me
Did you? / Were you?
Thanks/ Bye / see you
Could I speak to ..?
Well,I’m calling to ...?
Nice talking to you.
|
Mengembangkan
kosakata terkait dengan jenis ungkapan dan tema/topik yang terkait
Tanya
jawab tentang berbagai hal menggunakan ungkapan terkait materi/topik.tema
yang di pillih
Menirukan
ungkapan-ungkapan terkait materi yang diucapkan guru
Latihan
bertanya dan menjawab menggunakan ungkapan yang telah dipelajari secara
berpasangan
Bermain
peran melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan
Tanya
jawab menggunakan berbagai kosakata dan ungkapan yang telah dipelajari
Mendengarkan
yang memuat ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari
Menjawab
pertanyaan tentang isi percakapan
Menjawab
pertanyaan tentang makna dan fungsi ungkapan terkait
Menggunakan
ungkapan – ungkapan terkait berdasarkan konteks
Bermain
peran mengunakan ungkapan yang telah dipelajari
|
Bertanya
dan menjawab tentang meminta,memberi,menolak jasa
Bertanya
dan menjawab tentang meminta,memberi,menolak barang
Bertanya
dan menjawab tentang meminta,memberi dan mengingkari informasi
Bertanya
dan menjawab tentang meminta,memberi dan menolak pendapat
Bertanya
dan menjawab tentang menawarkan,menerima,menolak sesuatu
Bertanya
dan menjawab tentang meminta,memberi persetujuan
Bertanya
dan menjawab tentang merespon pernyataan
Bertanya
dan menjawab tentang memberi perhatian terhadap lawan bicara
Mengawali,memperpanjang
menutup percakapan
Mengawali,memperpanjang
menutup percakapan telepon
|
Tes
lisan
Tes lisan
|
Bermain
peran
Bermain
peran
|
Create a dialogue based on the
role cards and perform it in front of
the class
Create a dialogue based on the
role cards and perform it in front of
the class.
|
6 x 40 menit
6 x 40 menit
|
Buku teks yang relevan
Gambar yang relevan
Benda sekitar
English
in focus hal.83,130.
Let’s
talk hal.
Buku
teks yang relevan
Gambar
yang relevan
Benda
sekitar
Kartu
peran
5. English in
focus hal.85,112,133.
6. Let’s talk
hal.
|
Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun
Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun
|
Standar Kompetensi : Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
Mengungkap
kan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
|
Teks
fungsional pendek :
- Undangan
- Pengumuman
- Pesan singkat
Teks
monolog
berbentuk
narrative
Teks
monolog berbentuk recount
|
Review
kosakata dan ungkapan yang digunakan dalam teks fungsional pendek terkait
materi
Membuat
kalimat sederhana untuk:
mengundang
mengumumkan
memberi
pesan
Membahas
gambit-gambit yang sering muncul dalam teks fungsional terkait
Membuat secara lisan:
undangan
pengumuman
pesan singkat
Review
kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks narrative dan tema yang dipilih
Membuat
kalimat sederhana secara lisan terkait ciri-ciri kebahasaan teks narrative
simple past
past continuous
temporal
conjunctions
connective words
adverbs
adjectives
Melakukan
percakapan terkait cerita populer di kotanya menggunakan gambit-gambit yang
sesuai.
Contoh:
Really? That’s terrible!, How then?,
First,...., then...., finally...
Menceritakan
kembali teks narative yang pernah didengar
Menceritakan
berdasarkan
Gambar
cerita populer.
|
Mengungkapkan
secara lisan teks fungsional :
- Pengumuman
- Undangan
- Pesan singkat
Bertanya
dan menjawab secara lisan berbagai info dalam teks pengumuman, undangan,
pesan singkat
Melakukan
monolog pendek sederhana dalam bentuk narrative
Melakukan
monolog pendek sederhana dalam bentuk recount
|
Tes
lisan
Tes
lisan
|
Performance
Performance
|
Invite your friend orally to
join a discussion on the danger of drugs.
Give announcement orally about
the plan of the trip to Borobudur Temple.
Tell your friend to wait for you
after school.
Retell a story that you know
very well.
2. Tell
a story based on the series of a pictures given.
|
6 x 40 menit
8 x 40 menit
|
Buku
teks yang relevan
Gambar
terkait materi dan topik
Benda
sekitar
Teks
bentuk khusus:
undangan
pengumuman
pesan
singkat
5. Let’s talk
hal.
6. English in
focus hal.57.
1.Buku
teks yang relevan
2.Gambar yang relevan
3.Benda
sekitar
4. Buku
cerita dalam bahasa Inggris
5. English in
focus hal.88,111,134.
6. Let’s talk
hal.
|
Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun
-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar
|
Standar Kompetensi : Membaca
Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan
narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount
dan narrative dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan
sekitar
Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
Merespon makna dan
langkah retorika dalam esei pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
|
Teks
Essai berbentuk narrative / recount
Ciri
kebahasaan
Teks
Essai berbentuk narrative / recount
Teks
fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan
Tujuan
komunikatif teks essai narratif / recount
Langkah
retorika narrative / recount
Ciri
kebahasaan
|
Tanya
jawab mengembangkan kosakata berdasarkan gambar cerita popular
Tanya
jawab menggali informasi dalam cerita berdasarkan gambar
Mendengarkan
teks narrative / recount yang dibaca guru
Membaca
nyaring teks narrative / recount dengan ucapan dan intonasi yang benar
Menjawab
berbagai pertanyaan tentang informasi dalam teks yang di baca
Mencermati
teks fungsional pendek terkait materi
Menyebutkan
jenis teks fungsional yang dicermati
Membaca
nyaring teks fungsional terkait materi
Menjawab
pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
Menyebutkan
ciri-ciri teks fungsional yang dibaca
Membaca
teks fungsional pendek lainnya dari berbagai sumber
1.Menentukan tujuan komunikatif
teks narrative / recount yang di baca
2.Menentukan langkah retorika dari
teks narrative / recount yang di baca
3.Menentukan ciri kebahasaan teks narrative / recount yang di baca
4.Membaca teks narrative /
recount lainnya
|
Membaca
nyaring dan bermakna teks essai berbentuk narrative
Membaca
nyaring dan bermakna teks essai berbentuk
recount
Mengidentifikasi
berbagai makna teks narrative
Mengidentifikasi
berbagai makna teks recount
Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks fungsional
Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks fungsional
Mengindentifikasi
ciri kebahasaan teks fungsional
Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks narrative
Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks recount
Mengidentifikasi
langkah retorika dan ciri kebahasaan teks narrative
Mengidentifikasi
langkah retorika dan ciri kebahasaan teks recount
|
Tes
lisan
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Membaca
nyaring
Pilihan
ganda
PG
Isian
singkat
Pertanyaan
tertulis
|
Read the story aloud.
Choose the right answer based on
the text.
Choose the best option, a,b,c or
d
Complete the following sentences
using the information from the text.
Answer the following questions
based on the text.
|
7 x 40 menit
8 x 40 menit
|
1.Buku
teks yang relevan
2. Buku
cerita bahasa Inggris
3.
Gambar - gambar terkait cerita
4.
Rekaman cerita
5.
Tape recorder
6. CD
7. VCD
player
8.English in
focus hal.
92,115,135.
9.Let’s talk hal.
Buku
teks yang relevan
Contoh
teks fungsional
Gambar
terkait materi dan topik
Benda
sekitar
Let’s tal hal.
1.Buku teks yang relevan
2.Contoh teks fungsional
3.Gambar terkait materi dan topik
4.Benda sekitar
5.Let’s tal hal.
6. English in
focus hal.
92,115,135.
|
-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar
-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar
-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar
|
Standar Kompetensi : Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Pendidikan
Karakter
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
Mengungkap
kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar berbentuk recount dan narrative
|
Teks
fungsional :
-
undangan
-
pengumuman
- pesan
singkat
Teks
Essai narrative / recount
Ciri
kebahasaan teks narrative / recount
Langkah
retorika teks narrative / recount
|
Review
tujuan komunikatif dan ciri-ciri
kebahasaan teks fungsional pendek terkait materi
Menulis
kalimat sederhana untuk mengundang, mengumumkan, pesan singkat
Melengkapi
taeks fungsional pendek
Menulis
teks fungsional pendek
Review
ciri kebahasaan teks narrative
Membuat
kalimat sederhana terkait teks narrative
Mengembangkan
langkah retorika teks recount dan narrative
Membuat
draft teks recount dan narrative
Menulis
teks recount dan narrative
berdasarkan draft yang dibuat
Memajang
hasil tulisan di dinding
|
Menulis
teks fungsional pendek berbentuk :
Pengumuman Undangan pesan singkat
Menulis
teks pendek dan sederhana dalam bentuk
narrative dengan langkah
retorika yang benar
Menulis
teks pendek dan sederhana dalam bentuk
recount dengan langkah retorika
yang benar
|
Tes
tulis
Tes
tertulis
|
Essay
Uraian
|
Write sentences based on the
situation given.
Complete the text using suitable
word/words.
Write a text of invitation on
your farewell party.
Write
a short narrative text based on:
The story you have ever read.
Series of pictures given.
|
6 x 40 menit
8x 40 menit
|
Buku
teks yang relevan
Contoh
teks fungsional
Gambar
terkait materi dan topik
Benda
sekitar
Let’s talk hal.
1.Buku
teks yang relevan
2. Buku
cerita bahasa Inggris
3.
Gambar - gambar terkait cerita
4. English in
focus hal.
98,121,143.
5. Let’s talk
hal.
|
Bernalar
Kreatif
Gigih
Bervisi
Bernalar
Kreatif
Gigih
Bervisi
|
|
Puhpelem Juli 2011
Mengetahui:
Kepala
Sekolah
Guru
Mata Pelajaran,
KARNO, S.Pd, M.Pd RUMONO,S.Pd.
NIP.19660804
198912 1 001 NIP. 19770626 200801 1 022