Kamis, 28 Juni 2012

PTK


1.                     Silabus

Sekolah           : SMPN I Puhpelem
Kelas   : VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran          : BAHASA INGGRIS
Semester         : 1 (Satu)
Standar Kompetensi          : Mendengarkan
Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Pendidikan Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat





Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat



Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:

A : Let me help you.
B : Thank you so much.

A: Can I have a bit?
B: Sure. Here you are.                                                    

A: Did you break the glass?
B: Yes I did  /  No, it wasn’t me.

A: What do you think of this?
B: Not bad.




















Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
A: Would you come to my party?
B: I’d love to /  I want to, but ........
A; I do agree
B; Thanks for the support.
A; No way ....
B:  It’s O.K. No problem

A: You have beautiful hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.





Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal terkait tema topik yang akan dibicarakan.
Membahas kosakata ( noun   phrase, verb phrase, adverb phrase) tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa, meminta sesuatu, informasi faktual, pendapat terkait  materi percakapan .
Mendengarkan percakapan  yang memuat ungkapan-ungkapan dalam materi.
  Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
  Memberi respon lisan dan tulis terhadap ungkapan yang didengar.






Memberi respons lisan Curah pendapat tentang hal-hal terkait topik/ungkapan yang akan dibahas
Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topik / ungkapan yang dibahas
Mendengarkan percakapan memuat ungkapan terkait marteri
Tanya jawab tentang isi percakapan
Tanya jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam percakapan

m

Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang
Mengakui, mengingkari fakta


Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat


















Merespon ungkapan mengundang,menerima, dan menolak ajakan
Merespon ungkapan menyetujui / tidak menyetujui

Merespon ungkapan memuji


Merespon ungkapan memberi selamat







Tes  lisan




Tes lisan



Tes lisan








Tes lisan















Tes lisan




Merespon secara lisan



Pertanyaan lisan



Pilihan ganda








Pertanyaan lisan















Isian


Respond the following statement
Q: Let me help you
A:.......

Q: Can I have a bit?
A: ...........


Choose the right response
Q: Did you break the glass?
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right

Q: What do you think of my new dress
A:............













Write your response to the following statements:
Would you go with me to the movie?
I do agree with you to join the speech contest
You have beautiful hair.
You passed your exams. Congratulations.




6 x 40 menit

































6 x 40 menit



Script percakap -
    an
Rekaman
    Percakapan:
 Cassette
 Tape
   Recorder
 CD
 CD Player
 TV
Gambar-
gambar/
benda terkait

4.English in       Focus, hal 2
5.Let’s talk hal.

















Script percakapan
Rekaman percakapan
Tape recorder
Gambar yang relevan
5. Buku teks yang   relevan
6.English in focus hal. 3,28,48
7.Let’s talk hal.



- Gigih
- Tanggung jawab
- Kreatif
- disiplin































-Gigih
- Tanggung jawab
- Kreatif

Standar Kompetensi  : Mendengarkan
                                    2.  Memahami   makna   dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Pendidikan Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.



















Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount



Teks fungsioanl pendek berupa :                  Undangan                   
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
                     Mona


Ciri kebahasaan teks fungsional pendek




Langkah retorika teks:
descriptive (identification – descriptions)
recount ( orientation events)
reorientation





















Teks lisan berbentuk
descriptive
recount




Langkah retorika teks :
descriptive (identification – descriptions)
recount ( orientation events – reorientation)


Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik/tema yang akan dibahas
Membahas kosakata yang terkait tema/topik/undangan (noun phrase, verb phrase)
membahas ungkapan-ungkapan yang sering muncul dalam undangan:
I want you to come
     to.......
Please come to .....
Don’t forget to come
      to......
Mendengarkan teks fungsional pendek (undangan)
menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam teks fungsional, undangan.
Mendengarkan contoh-contoh undangan lainnya dari teman.
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek : undangan
invitee
occasion
time
place
Invitor






Eliciting kosakata terkait tema/topik/ jenis teks
Membahas tata bahasa terkait jenis teks yang akan dibahas
Mendengarkan teks  monolog descriptive / recount dengan topik tertentu
Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi terkait teks yang didengar
Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks yang didengar


Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa 
Undangan (ajakan).  
                      
Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa   Undangan(ajakan).                          






























Mengidentifikasi Informasi/makna yang terdapat dalam teks berbentuk descriptive .
Mengidentifikasi Informasi/makna yang terdapat dalam teks berbentuk recount
Mengidentifikasi fungsional dan langkah retorika teks deskriptif.
Mengidentifikasi fungsional dan langkah retorika teks recount


Tes tertulis










































Tes lisan






Tes tulis

Melengkapi rumpang









































Pertanyaan lisan





PG


Complete the following sentences based on the text you hear







































Answer the questions orally based on the text you listen to



Choose the best option based on the text you have listened to

6x 40 menit










































6 x 40 menit


















 Script teks undangan
Rekaman undangan
cassette
tape recorder
CD
CD Player
TV
3. Gambar/ realia terkait tema/topik/ jenis teks
4.English in focus hal.48.
5. Let’s talk hal.





























Gambar terkait tema / topik
Script teks:  descriptive / recount
Rekaman teks
Tape recorder
OHP
Lingkungan sekitar
English in focus hal.4,31.
Let’s talk hal.



-Gigih
- Tanggung jawab
- Kreatif







































-Gigih
- Tanggung jawab
- Kreatif


Standar Kompetensi  : Berbicara
                                3.Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Pendidikan Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat








3.2Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat


Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan.

A; Let me help you.
B: Thank you so much.

A: Can I have a bit.
B: Sure. Here you are.

A: Did you break the glass?
B: Yes, I did  /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of this?
B: Not bad.



























A: Would you come to
     party?
B: I’d love to / I wan’t to,
    but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
     Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
     understand.
A: You have beautiful
     hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.
















Review kosakata dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan tema
Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut
Bermain peran melakukan percakapan yang disediakan guru
Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi /gambar yang disediakan
Menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dalam real life situation




















Review kosakata terkait tema, topik sebelumnya
Memperkenalkan kosakata baru / ungkapan-ungkapan yang akan dibahas
Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi
Menirukan percakapan yang diucapkan guru
Melakukan percakapan yang diberikan
Melakukan tanya jawab menggunakan ungkapan














Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak jasa
Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak barang
Bertanya dan menjawab tentang mengakui, mengingkari fakta
Bertanya dan memberi pendapat.




























Bertanya dan menjawab tentang mengundang, menerima, menolak ajakan


Bertanya dan menjawab tentang menyetujui.tidak menyetujui


Bertanya dan menjawab tentang memuji

Bertanya dan menjawab tentang memberi selamat



Tes lisan









































Tes lisan




Bermain peran









































Bermain peran























Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.






































Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.

































6 x 40 menit









































6 x40 menit

Buku teks yang relevan
 Gambar-gambar terkait tema
Realia
Benda sekitar
4. English in focus hal.11,35
5. Let’s talk hal.
































1.Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar terkait tema
3.Realia
Benda sekitar
4. English in focus hal.11,35,54.
5. Let’s talk hal.


Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun






































Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun




Standar Kompetensi  : Berbicara
                             4.Mengungkap kan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Pendidikan Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 .Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek  sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

















4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa nista secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

Teks fungsional pendek berupa :Undangan                         









































Teks pendek berbentuk  recount
  –  informasi faktual
informasi rinci
gagasan utama
gagasan pendukung dalam teks pendek berbentuk recount
  Ciri kebahasaan teks
      recount
Teks pendek berbentuk  deskriptive
  –  informasi faktual
informasi rinci
gagasan utama
gagasan pendukung dalam teks pendek berbentuk deskriptivet
  Ciri kebahasaan teks
      deskriptive



Mendengarkan teks fungsional pendek: undangan
Tanya jawab tentang isi teks “undangan”
Tanya jawab tentang struktur teks
Membuat kalimat sederhana terkait jenis teks bentuk undangan
- I want to come to....
- Please come to ........
Berlatih mengundang seseorang  secara lisan menggunakan gambit-gambit tertentu
        Contoh:
        A: Hi Guys, I want you all to       come to my birthday party.
        B: We’d love to!     When?
        A: Tomorrow, at 4.00
Secara berpasangan atau dalam kelompok mengungkapkan undangan berdasarkan konteks/situasi yang diberikan
Secara mandiri mengungkapkan undangan lisan











Tanya jawab berbagai hal terkait topik tertentu ( peristiwa, kejadian, pengalaman )


Mengembangkan kosakata, tata bahasa terkait topik / jenis teks recount/deskriptive


Mengidentifikasi kejadin, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami melalui tanya jawab
Melakukan monolog dalam bentuk  recount/deskriptive



 

Mengungkapan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan.                                 
Contoh:
Dear Rio,
       I want you to come to my      house for lunch on Sunday at 12 a.m.
      Thanks.
                                     
      Mona


Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentangteks fungsional pendek berbentuk undangan                                                   



















Bertanya dan menjawab berbagai infmasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk :                                                - Recount
Bertanya dan menjawab berbagai infmasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk :                                                - deskriptive
Melakukan monolog pendek dalam bentuk  deskriptive
Melakukan monolog pendek dalam bentuk  recount



Tes lisan










































Tes lisan





Tes lisan



Performance










































Performance





Invite your friend  to come to your bithday party orally!








































Think of an activity or event that happened to you yesterday and tell us about it.









 6 x 40  menit










































7 x 40 menit

Buku teks yang relevan

Gambar terkait tema/topik

Benda-benda sekitar
4. Let’s talk hal.
































Buku teks yang relevan

Koran/majalah

Gambar peristiwa
4.English in focus hal.13,37,56,111.
5. Let’s talk hal.

 

Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun







































Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun

Standar Kompetensi  : Membaca
.                                    5. Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar

Pendidikan Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

5.1.Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan  esei berbentuk descriptive dan recount  pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar













5.2.Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar


5.3.Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount





Teks fungsional pendek berupa: Undangan     






































Makna gagasan
Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
Langkah retorika teks descriptive dan recount









Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
                   


Brain storming tentang berbagai hal terkait teks fungsional pendek berbentuk “undangan”
Mendengarkan undangan yang dibacakan oleh guru/teman
membaca nyaring teks fungsioanl pendek tentang undangan
menjawab pertanyaan tentang isi teks fungsional pendek “undangan”
Menyebutkan tujuan komunikatif teks fungsional pendek “undangan”
Menjwab pertanyaan tentang ciri kebahasaan teks fungsional pendek “undangan”













Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
Review kosakata dan tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount
Membaca teks descriptive/recount
Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks

Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif tdan langkah retorika teks descriptive/recount
Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca
Membaca nyaring dan bermakna teks descriptive/recount



Membaca dengan nyaring dan bermakna teks fungsional pendek berbentuk undangan                                                    
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi fungsi sosial teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek berbentuk undangan






















Makna gagasan
Makna tekstual dalam teks descriptive
Makna tekstual dalam teks recount
Langkah retorika teks descriptive
Langkah retorika teks recount





Tujuan komunikatif teks descriptive
Tujuan komunikatif teks  recount
Ciri kebahasaan teks descriptive
Ciri kebahasaan teks recount



Tes lisan



Tes tertulis



































Tes tulis













Tes lisan


Membaca nyaring



Uraian



































PG













Membaca nyaring







Read the the text aloud and clearly.


Answer the  following questions based on the text

































Choose the best option based on the text.












Read the text aloud.



6 x 40 menit







































6 x 40 menit













8 x 40 menit



Buku teks yang relevan

Gambar terkait tema/topik

Benda-benda sekitar
4. Let’s talk hal































Buku teks yang relevan
Koran/majalah
Gambar peristiwa/tempat
Lingkungan sekitar
5.English in focus hal.16,39,60,115.
6. Let’s talk hal.


-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar





































-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar









-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar

Standar Kompetensi  : Menulis
                                       6.  Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Pendidikan Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar



Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount







Teks fungsional pendek
  berupa :
- Undangan                         Pengumuman           
- Pesan Singkat
















Teks rumpang berbentuk                      - descriptive                   - recount

Kalimat acak




Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik teks fungsional yang akan dibahas
Penguatan kembali kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks fungsional
Menulis kalimat sederhana terkait jenis teks
Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks




Review ungkapan-ungkapan yang mendeskripsikan benda, orang atau tempat.
Menulis kalimat yang mendeskripsikan benda, tempat, orang atau binatang berdasarkan gambar/realia.
Melengkapi rumpang dalam teks deskriptif dengan kata yang tepat.
Menyusun kalimat acak menjadi teks deskriptif yang terpadu.
Membuat draft teks deskriptive secara mandiri.
Mengekspos teks descriptive yang ditulis di kelas.




Melengkapi rumpang teks fungsional pendek
Meyusun kata menjadi teks fungsional yang bermakna
Menulis teks fungsional pendek











Melengkapi rumpang teks essai pendek berbentuk descriptive


Melengkapi rumpang teks essai pendek berbentuk recount


Menyusun kalimat menjadi teks yang bermakna dalam bentuk descriptive
Menyusun kalimat menjadi teks yang bermakna dalam bentuk recount

Menulis teks essai dalam bentuk descriptive .
Menulis teks essai dalam bentuk recount.





Tes tulis



















Tes tulis





Tes tulis




Tes tulis





Essay



















Completion





Jumbled sentences




Essay




Write simple sentences based on the situation given.
Write an invitation/ an announcement / message based on the situation given.













Complete the paragraph using the suitable words.



Rearrange the following sentences correctly.

Write  an essay describing something or a certain place.






8 x 40 menit



















8 x 40 menit



Buku teks yang relevanContoh undangan, pengumuman, SMS
Gambar yang relevan.
Let’s talk hal.










Buku teks yang relevan

Gambar terkait tema/topik

Benda-benda sekitar

English in focus hal.21,44,66,
121.
Let’s talk hal.




Bernalar
Kreatif
Gigih
Bervisi

















Bernalar
Kreatif
Gigih
Bervisi



Puhpelem,  Juli 2011
Mengetahui:
Kepala  Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,





KARNO, S.Pd, M.Pd           RUMONO,S.Pd.
NIP.19660804 198912 1 001 NIP. 19770626 200801 1 022

2.    Silabus


Sekolah           : SMPN I Puhpelem
Kelas   : VIII (Delapan )
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Semester         : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Pendidikan Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1.Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuat






7.2.Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan  mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...

A: Can I have a bit
B: Sure, here you are

A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry

A: Do you like it?
B: Yes I do

A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t

A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything


A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks









Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.

Hello, excuse me .....
Did you?  / Were you ?
Thanks/ Bye.../ See you.


Could I speak to .... please?
Well, I’m calling to....
Nice talking to you



Eliciting kosakata terkait topik yang akan dibahas (noun, verb, adjective, adverb)
Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat
Mendengarkan guru dan menirukan ungkapan-ungkapan terkait materi
Mendengarkan percakapan tentang materi terkait
Menjawab berbagai informasi yang terdapat dalam percakapan
Merespon ungkapan-ungkapan yang terkait materi












Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik yang akan dibahas
Mendaftar kosakata yang digunakan dalam percakapan
Menentukan makna kosakata dalam daftar
Menggunakan kosakata  dalam kalimat
Tanya jawab menggunakan ungkapan – ungkapan terkait
Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
Mendengarkan percakapan
Menjawab pertanyaan tentang percakapan


Merespon ungkapan meminta,memberi, menolak jasa.

Merespon ungkapan meminta,memberi, menolak barang.

Merespon ungkapan meminta, memberi, mengingkari informasi

Merespon ungkapan meminta,memberi, menolak pendapat

Merespon ungkapan meminta,menerima, menolak tawaran














Merespon ungkapan meminta,memberi persetujuan
Merespon ungkapan pernyataan
Merespon ungkapan memberi perhatian terhadap pembicara

Mengawali, memperpanjang an menutup percakapan

Merespon ungkapan mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan telepon


Tes tertulis




Tes lisan




























Tes lisan





Tes tulis



Isian singkat




Jawaban singkat




























Merespon ungkapan




Melengkapi percakapan


Listen to the expression and write your response to it.

Listen to the expression and give your response to it.

























Listen to the expressions and give your response to them.


Listen to the dialogue and complete the text







8 x 40 menit

































 6 x 40 menit

Script per uku teks yang relevan
Rekaman percakapan
 Tape recorder
CD
CD player
gambar
Benda sekitar
model benda
English in focus hal.
78,126
10.Let’s talk hal.






















Buku teks yang relevan
Script percakapan
Rekaman percakapan
Tape recorder
Gambar yang relevan
English in focus hal.104,126
Let’s talk hal.




- Gigih
- Tanggung jawab
- Kreatif
- disiplin






























- Gigih
- Tanggung jawab
- Kreatif
- disiplin






Standar Kompetensi : Mendengarkan
Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Pendidikan Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

8.1.Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar








8.2.Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount



Teks fungsional pendek :
undangan,
pengumuman,
pesan singkat

Tujuan komunikatif teks fungsional pendek :
undangan,
pengumuman,
pesan singkat









Teks monolog berbentuk :             - narrative
   - recount

Tujuan komunikatif teks  berbentuk :   
narrative
recount








Tanya jawab tentang berbagai hal menggunakan kosakata dan ungkapan yang telah dipelajari
Review berbagai jenis teks fungsional pendek yang sering dijumpai
Mendengarkan teks fungsional pendek terkait tema/topik tertentu
Menjawab berbagai pertanyaan terkait informasi dalam taeks fungsional yang didengar
Menentukan tujuan komunikatif dari teks yang didengar


Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik/jenis teks
Eliciting cerita yang dikenal siswa
Tanya jawab tentang salah satu cerita yang dikenal siswa
        - tokoh, tempat
          kejadian
        - problem, solusi,
          akhir cerita
4.    Mendengarkan cerita terkait tema/topik dari guru/teman
5.    Tanya jawab tentang informasi dalam cerita yang di dengar
 6.    Tanya jawab tentang tujuan  komunikatif dari teks yang di dengar


Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek undangan,pengumuman,pesan singkat

Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks fungsional pendek









Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog narative
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog recount
Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks naratif
Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks recount


Tes tulis



















Tes tulis


Melengkapi rumpang


















Pilihan ganda


Listen to the dialogue and complete the following text.
















Listen to the text and choose the right answer


6 x 40 menit



















6 x 40 menit


1. Buku  teks yang relevan
2. Script teks fungsional pendek
3. Rekaman teks
4. Tape recorder
5. Contoh teks fungsional
6. Gambar yang  releva
8. Let’s talk hal.







1.Buku teks yang relevan
2.Script cerita naratif
3.Rekaman cerita
4.Tape recorder
5. English in focus hal.
    79,106,127.
6. Let’s talk hal.


- Gigih
- Tanggung jawab
- Kreatif
- disiplin
















- Gigih
- Tanggung jawab
- Kreatif
- disiplin




Standar Kompetensi : Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Pendidikan Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu








Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon


Percakapan singkat memuat ungkapan – ungkapan :

A: Do you mind lending me some money?
B: No, problems

A: Can I have a bit?
B: Sure, here you are.

A: Here is some money for  you.
B: Sorry, I can’t take this.

A: Do you like it ?
B: Yes, I do.

A: Have you done it?
B:No, I haven’t.

A: Do you think it’s good?
B: I think it is / Sorry I can’t say any thing

A: Would you like some .....?
B: Yes, please / No, Thanks









Teks percakapan memuat ungkapan  berikut:
A: what if I do it again?
B: Fine with me.

A: I Must go now
B: Do you have to?


Right.
I see.
Hm...m yeah

Hello,excuse me
Did you? / Were you?
Thanks/ Bye / see you
Could I speak to ..?
Well,I’m calling to ...?
Nice talking to you.


Mengembangkan kosakata terkait dengan jenis ungkapan dan tema/topik yang terkait

Tanya jawab tentang berbagai hal menggunakan ungkapan terkait materi/topik.tema yang di pillih

Menirukan ungkapan-ungkapan terkait materi yang diucapkan guru

Latihan bertanya dan menjawab menggunakan ungkapan yang telah dipelajari secara berpasangan
Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan














Tanya jawab menggunakan berbagai kosakata dan ungkapan yang telah dipelajari
Mendengarkan yang memuat  ungkapan-ungkapan  yang telah dipelajari

Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
Menjawab pertanyaan tentang makna dan fungsi ungkapan terkait
Menggunakan ungkapan – ungkapan terkait berdasarkan konteks
Bermain peran mengunakan ungkapan yang telah dipelajari


Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi,menolak jasa
Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi,menolak barang


Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi dan mengingkari informasi


Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi dan menolak pendapat


Bertanya dan menjawab tentang menawarkan,menerima,menolak sesuatu












Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi persetujuan
Bertanya dan menjawab tentang merespon pernyataan
Bertanya dan menjawab tentang memberi perhatian terhadap lawan bicara

Mengawali,memperpanjang menutup percakapan

Mengawali,memperpanjang menutup percakapan telepon


Tes lisan





































Tes lisan




Bermain peran





































Bermain peran

Create a dialogue based on the role cards and perform it in  front of the class






























Create a dialogue based on the role cards and perform it in front  of the class.




























 6 x 40 menit





































6 x 40 menit

Buku teks yang relevan
Gambar yang relevan
Benda sekitar
English in focus hal.83,130.
Let’s talk hal.































Buku teks yang relevan
Gambar yang relevan
Benda sekitar
Kartu peran
5. English in focus hal.85,112,133.
6. Let’s talk hal.























Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun


































Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun





















Standar Kompetensi : Berbicara
Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Pendidikan Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar




















Mengungkap kan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative

Teks fungsional pendek : 
    - Undangan
    - Pengumuman 
    - Pesan singkat






































Teks monolog
berbentuk narrative 
Teks monolog berbentuk recount
                


Review kosakata dan ungkapan yang digunakan dalam teks fungsional pendek terkait materi
Membuat kalimat sederhana untuk:
mengundang
mengumumkan
memberi pesan
Membahas gambit-gambit yang sering muncul dalam teks fungsional terkait
Membuat  secara lisan:
undangan
pengumuman
pesan singkat























Review kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks narrative dan tema yang dipilih
Membuat kalimat sederhana secara lisan terkait ciri-ciri kebahasaan teks narrative
simple past
past continuous
temporal
      conjunctions
connective words
adverbs
adjectives

Melakukan percakapan terkait cerita populer di kotanya menggunakan gambit-gambit yang sesuai.
Contoh: Really? That’s terrible!, How then?, First,...., then...., finally...
Menceritakan kembali teks narative yang pernah didengar
Menceritakan berdasarkan
Gambar cerita populer.

Mengungkapkan secara lisan teks fungsional :         - Pengumuman                    - Undangan                            - Pesan singkat
Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai info dalam teks pengumuman, undangan, pesan singkat






























Melakukan monolog pendek sederhana dalam bentuk narrative
Melakukan monolog pendek sederhana dalam bentuk  recount

Tes lisan










































Tes lisan

Performance










































Performance

Invite your friend orally to join a discussion on the danger of drugs.
Give announcement orally about the plan of the trip to Borobudur Temple.
Tell your friend to wait for you after school.






























Retell a story that you know very well.
2.    Tell  a story based on the series of a pictures given.


6 x 40 menit










































8 x 40 menit

Buku teks yang relevan
Gambar terkait materi dan topik
Benda sekitar
Teks bentuk khusus:
undangan
pengumuman
pesan singkat
5. Let’s talk hal.
6. English in focus hal.57.































1.Buku teks      yang relevan
2.Gambar  yang relevan
3.Benda sekitar
4. Buku cerita  dalam bahasa Inggris
5. English in focus hal.88,111,134.
6. Let’s talk hal.


Gigih
Kreatif
Bernalar
Santun







































-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar







Standar Kompetensi : Membaca
Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Pendidikan Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan narrative  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar




















Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar








Merespon makna dan
 langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount



Teks Essai berbentuk              narrative / recount             

Ciri kebahasaan
Teks Essai berbentuk           narrative / recount    
         



































Teks fungsional :
  - undangan
  - pengumuman
  - pesan


















Tujuan komunikatif teks essai narratif / recount

Langkah retorika     narrative / recount      



Ciri kebahasaan









      

Tanya jawab mengembangkan kosakata berdasarkan gambar cerita popular
Tanya jawab menggali informasi dalam cerita berdasarkan gambar
Mendengarkan teks narrative / recount yang dibaca guru
Membaca nyaring teks narrative / recount dengan ucapan dan intonasi yang benar
Menjawab berbagai pertanyaan tentang informasi dalam teks yang di baca






















Mencermati teks fungsional pendek terkait materi
Menyebutkan jenis teks fungsional yang dicermati
Membaca nyaring teks fungsional terkait materi
Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
Menyebutkan ciri-ciri teks fungsional yang dibaca
Membaca teks fungsional pendek lainnya dari berbagai sumber



1.Menentukan tujuan komunikatif teks narrative / recount yang di baca
2.Menentukan langkah retorika dari teks narrative / recount yang di baca
3.Menentukan ciri  kebahasaan teks narrative / recount  yang di baca
4.Membaca teks narrative / recount lainnya



Membaca nyaring dan bermakna teks essai berbentuk narrative
Membaca nyaring dan bermakna teks essai berbentuk recount
Mengidentifikasi berbagai makna teks narrative
Mengidentifikasi berbagai makna teks recount































Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional


Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks fungsional

Mengindentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional











Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks narrative
Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks recount
Mengidentifikasi langkah retorika dan ciri kebahasaan teks narrative
Mengidentifikasi langkah retorika dan ciri kebahasaan teks  recount 


Tes lisan



Tes tulis






































Tes tulis






















Tes tulis






Membaca nyaring



Pilihan ganda






































PG






















Isian singkat




Pertanyaan tertulis


Read the story aloud.



Choose the right answer based on the text.




































Choose the best option, a,b,c or d





















Complete the following sentences using the information from the text.

Answer the following questions based on the text.



7 x 40 menit










































8 x 40 menit



1.Buku teks      yang relevan
2. Buku cerita bahasa Inggris
3. Gambar -  gambar terkait cerita
4. Rekaman cerita
5. Tape  recorder
6. CD
7. VCD player
8.English in focus hal.
   92,115,135.
9.Let’s talk hal.































Buku teks yang relevan
Contoh teks fungsional
Gambar terkait materi dan topik
Benda sekitar
Let’s tal hal.














1.Buku teks yang relevan
2.Contoh teks fungsional
3.Gambar terkait materi dan topik
4.Benda sekitar
5.Let’s tal hal.
6. English in focus hal.
    92,115,135.


-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar







































-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar



















-Gigih
-Kreatif
-Disiplin
-Bernalar


Standar Kompetensi : Menulis
Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Pendidikan Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


Mengungkap kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk  recount dan narrative


Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan singkat









Teks Essai  narrative / recount
Ciri kebahasaan teks narrative / recount
Langkah retorika teks narrative / recount


Review tujuan komunikatif  dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait materi
Menulis kalimat sederhana untuk mengundang, mengumumkan, pesan singkat
Melengkapi taeks fungsional pendek
Menulis teks fungsional pendek

Review ciri kebahasaan teks narrative
Membuat kalimat sederhana terkait teks narrative
Mengembangkan langkah retorika teks recount dan narrative
Membuat draft teks recount dan narrative
Menulis teks  recount dan narrative berdasarkan draft yang dibuat
Memajang hasil tulisan di dinding

Menulis teks fungsional pendek berbentuk :             Pengumuman                   Undangan                        pesan singkat








Menulis teks pendek dan sederhana dalam bentuk     narrative  dengan langkah retorika yang benar

Menulis teks pendek dan sederhana dalam bentuk     recount  dengan langkah retorika yang benar


Tes tulis












Tes tertulis

Essay












Uraian

Write sentences based on the situation given.
Complete the text using suitable word/words.
Write a text of invitation on your  farewell party.




Write a short narrative text based on:
The story you have ever read.
 Series of pictures given.


6 x 40 menit











8x 40 menit

Buku teks yang relevan
Contoh teks fungsional
Gambar terkait materi dan topik
Benda sekitar
Let’s talk hal.




1.Buku teks      yang relevan
2. Buku cerita bahasa Inggris
3. Gambar -  gambar terkait cerita
4. English in focus hal.
   98,121,143.
5. Let’s talk hal.


Bernalar
Kreatif
Gigih
Bervisi








Bernalar
Kreatif
Gigih
Bervisi


Puhpelem Juli 2011
Mengetahui:
Kepala  Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



KARNO, S.Pd, M.Pd           RUMONO,S.Pd.
NIP.19660804 198912 1 001 NIP. 19770626 200801 1 022